PRPM-ITI, TECHNOPEX 2019

Font Size: 
ANALISIS USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN 7P DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI CV GUNUNG MAS CITRA RAYA
Rudy Vernando Silalahi, Agustina Christiani, Angelina Larasati

Last modified: 2019-10-22

Abstract


CV Gunung Mas merupakan usaha percetakan. Perusahaan ini memiliki masalah yaitu ada 4 kompetitor yang bersaing di bidang percetakan. Ada beberapa keluhan konsumen mengenai kualitas pelayanan. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi atribut – atribut yang perlu diprioritaskan untuk diperbaiki melalui metode Importance Performance Analysis dan mengetahui akar permasalahan menggunakan metode Fault Tree Analysis. Kemudian, memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Data atribut kepentingan dan kepuasan pelanggan diketahui dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis, atribut – atribut yang perlu diperbaiki adalah pesanan diberikan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, harga produk tidak terjangkau, harga produk tidak hampir sama dengan percetakan lain (lebih mahal), potongan harga yang diberikan tidak memuaskan, dan karyawan tidak cepat dalam menanggapi keluhan konsumen. Kemudian, lima atribut dicari akar permasalahannya. Usulan perbaikannya adalah pemakaian genset, pembuatan kartu perawatan mesin printing dan AC, perlu ada 1 karyawan khusus untuk membersihkan komponen printhead, informasi lowongan kerja dipublikasikan melalui media sosial, penambahan mesin printing, membuat job desc dan SOP tertulis, menata peralatan fasilitas, membersihkan meja kasir, membeli tempat peletakan nota, menggunakan sistem otomatis, membuat stiker pengingat mematikan listrik, memberitahu bahan baku yang digunakan kepada kasir dan desain, membuat informasi potongan harga secara tertulis, dan memberitahukan pentingnya menanggapi keluhan ke kasir.

Kata kunci: Bauran Pemasaran (7P), IPA, FTA


Full Text: PDF