PRPM-ITI, TECHNOPEX 2019

Font Size: 
Efficiencies of Using Cable Stayed and Suspension Bridge
Abrar Husen, Rachmi Yanita, Muhammad Muchdi

Last modified: 2019-12-04

Abstract


Abstract

Jembatan adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kali, jalan kereta api, jalan raya yang melintang tidak sebidang dan lain-lain. Selain masalah kekuatan dan daya layan struktur jemabatan ditinjau pula dari segi ekonom, sosial dan budaya yang terdampak pada lokasi jembatan tersebut dibangun.

Pada penelitian jembatan ini dilakukan perbanding nilai ekonomis jembatan Cable Stayed dan Suspension Bridge dengan spesifikasi teknis sama hanya untuk lantai kendaraan saja.

Dari hasil penelitian didapat bahwa:

  1. 1. Konfigurasi kabel pada kedua jembatan memiliki perbedaan yang signifikan dimana kabel untuk jembatan cable stayed menggunakan kabel VSL 13mm sebanyak 7 strand untuk setiap tendonnya sedangkan kabel untuk jembatan gantung pada kabel utama menggunakan kabel VSL 15mm sebanyak 43 strand untuk setiap tendonnya dan pada hanger digunakan kabel VSL 13mm sebanyak 7 strand untuk setiap tendonnya.
  2. 2. Lendutan yang terjadi pada jembatan cable stayed adalah sebesar 68,3 mm (36% dari lendutan izin) sedangkan pada jembatan gantung lendutan yang terjadi adalah 153,47 mm (82% dari lendutan izin). Lendutan izin = 187,5 mm dengan bentang sepanjang 150 m.
  3. 3. Momen maksimum yang terjadi pada kedua jembatan ini terjadi pada balok induk gelagar jembatan dimana momen maksimum untuk jembatan cable stayed adalah 3965,88 kNm sedangkan pada jembatan gantung lebih kecil 74% yaitu sebesar 1049,43 kNm
  4. 4. Gaya axial tekan maksimum yang terjadi pada kedua jembatan ini terjadi pada menara jembatan diamana gaya axial tekan maksimum untuk jembatan cable stayed adalah 16464,45 kN sedangkan pada jembatan gantung 1,5x lebih besar yaitu sebsear 24120,56 kN.
  5. 5. Gaya axial tarik maksimum yang terjadi pada kedua jembatan ini terjadi pada struktur kabel jembatan diamana gaya axial tarik maksimum untuk jembatan cable stayed adalah 1248,57 kN sedangkan pada jembatan gantung tegangannya 13x lebih besar yaitu sebesar 16550,7 kN.
  6. 6. Jumlah harga material struktur utama untuk jembatan cable stayed adalah sebesar Rp. 5.961.671.302
  7. 7. Jumlah harga material struktur utama untuk jembatan gantung adalah sebesar Rp. 12.031.703.136
  8. 8. Selisih harga material struktur utama pada kedua jembatan tersebut adalah Rp. 6.070.031.834 dimana jembatan cable stayed 50% lebih efisien dari jembatan gantung dalam segi biaya.

Kata Kunci: Cable Stayed, Suspension Bridge, Kekuatan Struktur, Daya Layan, Efisiensi


[1] Dosen Tetap Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Indonesia

[2] Dosen Tetap Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Indonesia

[3] Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Indonesia


Full Text: PDF