PRPM-ITI, TECHNOPEX 2019

Font Size: 
Kajian Awal Pembuatan Corpus Istilah Marketing Asuransi di Tangerang Selatan
Gharizi Matiini, Annuridya Rosyidta Octasylva Pratiwi

Last modified: 2019-10-08

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi lebih jauh pemakaian bahasa dan istilah marketing asuransi yang digunakan para agen asuransi dalam mempromosikan produknya. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah hasil rekaman video promosi Asuransi yang dilakukan oleh 30 agen Asuransi di Tangerang Selatan. Penelitian ini mengumpulkan dan mengkategorikan sejumlah koleksi teks dari setiap istilah dan terminologi yang sering dipakai oleh partisipan. Koleksi tersebut nantinya akan dijadikan suatu Corpus bahasa dan Istilah Marketing Asuransi Indonesia. Observasi dan questionnaire adalah dua instrument yang dimasukan dalam metode pencarian data dalam penelitian ini. Data observasi akan diencode dan dianalisis melalui pengkategorian kata, kalimat, dan frase. Sedangkan Questionnaire akan menjadi data pembantu dalam mencari rasional dari hasil analisa observasi. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah kumpulan kata, frase, dan klausa yang paling sering digunakan oleh agen asuransi berikut dengan pernyataan rasional dan latar belakang hasil tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu Corpus bahasa dan Istilah Asuransi. Corpus ini diharapkan menjadi salah satu sumber belajar untuk mahasiswa Manajemen dalam mencari istilah dan kalimat yang umum dipakai dalam dunia marketing asuransi.