PRPM-ITI, TECHNOPEX 2019

Font Size: 
STRATEGI PEMASARAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI INDONESIA
runsa rinaldi, manlian ronald simanjuntak

Last modified: 2019-10-16

Abstract


Pembangunan infrastruktur merupakan jantung pertumbuhan ekonomi nasional. Infrastruktur menjadi salah satu aspek penting dan vital untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu, infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penentu dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.

Keterbatasan pembiayaan infrastruktur yang bersumber dari APBN telah mendorong pemerintah untuk membuka lebar peluang bagi swasta, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur,  berikut ada beberapa jenis infrastruktur: jalan raya, bandara udara, jalur kereta api, pelabuhan, air bersih, energi dll

Ada beberapa permasalahan dalam  penelitian yaitu siapa saja pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaan proyek konstruksi yang diteliti, apa strategi pemasaran secara umum dalam proyek infrastruktur yang diteliti, apa peran Pemerintah dalam rangka implementasi strategi pemasaran dalam proyek konstruksi yang diteliti, metodologi penelitian dengan menggunakan beberapa teori  dan rumus rumus perhitungan dari berbagai sumber, dan didasari oleh peraturan-peraturan yang sesuai dengan pembahasan serta mengumpulkan data-data pemasaran.

Pada dasarnya  strategi  pemasaran  kontraktor  dapat  dikelompokan  ke  dalam  lima karateriksik;  pemilihan pasar, produk, harga, distribusi, dan promosi. Perbedaan dalam hal cara penyusunan rencana pemasaran pada kontraktor besar, menengah, dan kecil,  tampaknya tidak membuat pendekatan strategi pemasaran mereka secara umum berbeda satu sama lainnya.

Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Infrastruktur, kontraktor


Full Text: PDF