PRPM-ITI, TECHNOPEX 2019

Font Size: 
PEMILIHAN DAN IMPLEMENTASI PENJUALAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE STUDI KASUS PADA UMKM BU SUPIYAH DI DESA KRANGGAN
Andry Manodotua Panjaitan, Rudy Silalahi, Ansera Junisia

Last modified: 2019-10-22

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian, khususnya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Bu Supiyah di Desa Kranggan yang memproduksi cemilan tradisional sejak 1996. Dilakukan kunjungan dan wawancara kepada Bu Supiyah dan diperoleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM, yaitu saat ini hanya melayani pelanggan yang sama dan sulit memperoleh pelanggan baru. Selain itu, volume penjualan yang lebih rendah daripada kapasitas produksi yang dimiliki saat ini sehingga kapasitas produksi tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk meningkatkan penjualan UMKM dengan mengimplementasikan sistem penjualan online. Data diperoleh dari UMKM dan studi riset mengenai media sosial dan marketplace untuk penjualan online. Sebagian besar penjualan online diperoleh dari Shopee dengan 134 bungkus terjual. Implementasi penjualan online dapat meningkatkan jangkauan pasar UMKM Bu Supiyah dengan adanya pelanggan dari luar daerah seperti Palembang, Bandung dan sebagainyaUsaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian, khususnya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Bu Supiyah di Desa Kranggan yang memproduksi cemilan tradisional sejak 1996. Dilakukan kunjungan dan wawancara kepada Bu Supiyah dan diperoleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM, yaitu saat ini hanya melayani pelanggan yang sama dan sulit memperoleh pelanggan baru. Selain itu, volume penjualan yang lebih rendah daripada kapasitas produksi yang dimiliki saat ini sehingga kapasitas produksi tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk meningkatkan penjualan UMKM dengan mengimplementasikan sistem penjualan online. Data diperoleh dari UMKM dan studi riset mengenai media sosial dan marketplace untuk penjualan online. Sebagian besar penjualan online diperoleh dari Shopee dengan 134 bungkus terjual. Implementasi penjualan online dapat meningkatkan jangkauan pasar UMKM Bu Supiyah dengan adanya pelanggan dari luar daerah seperti Palembang, Bandung dan sebagainya

Full Text: PDF