PRPM-ITI, Technopex 2022

Font Size: 
EFEK SPEEDBUMP TERHADAP TEGANGAN PADA NON PNEUMATIC TIRE
Faisal Adinegoro, Rachmat Sriwijaya

Last modified: 2023-01-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh speedbump terhadap tegangan yang terjadi pada non-pneumatic tire (NPT). NPT dikembangkan untuk menggantikan pneumatic tire, dengan keunggulan NPT tidak memerlukan udara saat dipakai. NPT harus melalui uji kelayakan dan keamanan terhadap kondisi jalanan sebelum bisa digunakan. Speedbump adalah salah satu rintangan yang dibuat sebagai alat pembatas kecepatan. Penelitian ini menggunakan metode simulasi statik, dengan memakai perangkat lunak ANSYS Workbench: Static Structural 20.2. NPT yang digunakan pada penelitian memiliki model struktur honeycomb. Variasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah variasi kecepatan ketika menghantam speedbump (2, 4, 6, 8 dan 10 m/s), dan ketinggian speedbump (5, 6 dan 7 cm). Validasi dari penelitian ini mengacu kepada bentuk deformasi aktual dari NPT, serta penelitian yang sudah dilakukan oleh Sriwijaya & Hamzah (2019). Pengambilan data dilakukan pada kondisi NPT menabrak speedbump. Penelitian ini menunjukan bahwa variasi dari ketinggian speedbump akan berdampak terhadap tegangan dan deformasi dari NPT, dengan sebuah trend semakin tinggi speedbump maka  nilai tegangan serta nilai deformasi yang timbul pada NPT juga akan meningkat. Perubahan kecepatan juga akan berpengaruh terhadap tegangan dan deformasi yang terjadi, dimana ditunjukkan bahwa adanya peningkatan kecepatan berpengaruh terhadap turunnya nilai tegangan dari NPT.

Full Text: PDF