PRPM-ITI, Technopex 2022

Font Size: 
Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Tigraksa Kabupaten Tangerang
Raihan Aulia

Last modified: 2023-02-21

Abstract


Penggunaan transportasi massal sebagai sarana berkendara yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dinilai lebih efisien terhadap waktu, tempat, dan biaya. Kemacetan dapat berkurang dinilai menjadi hal yang sangat penting sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Transportasi darat umumnya banyak menggunakan jalan raya, dengan hadirnya transportasi massal yang unggul diharapkan dapat menarik minat masyarakat umum untuk beralih ke moda transportasi kereta api sehingga dapat mengurangi kemacetan di jalan raya. Oleh karena itu perlu dilakukannya studi “Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Tigaraksa Kabupaten Tangerangâ€.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pelayanan Stasiun Tigaraksa sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada peraturan yang berlaku, dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang KRL Commuter Line berdasarkan fasilitas dan pelayanan Stasiun Tigaraksa. Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa Stasiun Tigaraksa dilakukan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), sedangkan analisis standar pelayanan minimum Stasiun Tigaraksa berdasarkan pedoman SPM PM. No. 63 Tahun 2019.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai kepuasan pengguna jasa Stasiun Tigaraksa sudah termasuk baik dengan nilai rata-rata pencapaian kepuasan pengguna jasa sebesar sebesar 86%. Dengan tingkat kepuasan terbesar yaitu pada atribut kebersihan dan kerapihan fasilitas Stasiun Tigaraksa sebesar 99,8%.

Kata kunci : Pelayanan stasiun, SPM, Importance Performance Analysis (IPA)

Full Text: PDF