Last modified: 2023-01-17
Abstract
Usaha kecil Mikro dan Menengah merupakan fondasi ekonomi yang memberikan kontribusi lebih dari 50% GDP pada berbagai negara. Namun pada kenyataannya banyak UMKM yang sulit berkembang bahkan tidak mampu bertahan pada lingkungan bisnis yang dinamis. Dengan sifat UMKM yang sederhana, tradisional menjadikan modal sosial sangat berperan pada UMKM Indonesia. Tujuan dari penelian ini, yaitu : menganalisis hubungan social capital terhadap kemampuan pemasaran pada UMKM di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis SEM (structural equation model). Jumlah responden penelitian pada analisa SEM adalah 333 responden yang tersebar di 6 provinsi yaitu: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. Hasil penelitian melalui analisis SEM menunjukan bahwa jaringan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kemampuan pemasaran UMKM di Indonesia.