PRPM-ITI, Technopex 2022

Font Size: 
Pengenalan Sejarah Uang pada Mata Uang Indonesia Berbasis Mobile Dengan Metode Marker-Based Augmented Reality
Melani Indriasari, Ainun Nagiah

Last modified: 2023-01-06

Abstract


Uang kertas Indonesia pertama kali disebar luaskan pada tahun 1946. Dengan jangka waktu sekitar 75 tahun dari 1946 hingga 2021, uang kertas Indonesia mengalami beberapa kali perubahan diantaranya, tampak depan dan belakang, panjang dan lebar uang, warna dominan, serta yang bertanda tangan di uang tersebut. Dengan perubahan uang kertas ini     membuat beberapa masyarakat umum dari yang berumur 10 tahun hingga 30-an menjadi tidak mengetahui sejarah uang kertas. Aplikasi media pembelajaran berbasis Android yang menggunakan teknologi AR, dan menggunakan metode Marker- Based yang dimana uang asli digunakan sebagai marker, memvisualisasikan sejarah uang kertas Indonesia ke dalam bentuk 3D Augmented Reality adalah aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya yang bisa dibentuk 2D ataupun 3D, yang diproyeksikan ke dalam sebuah lingkungan nyata secara real-time. Dengan pelacakan berbasis marker, dimana komputer dapat mengenali posisi dan orientasi marker untuk membuat maya 3D. Uang yang digunakan adalah uang Emisi 2016, Emisi 2000-an, dan uang Spesial RP 75.000 yang dirancang untuk masyarakat umum agar mengetahui sejarah perubahan uang kertas dengan cara yang lebih modern serta tujuan untuk memvisualisasikan sejarah uang kertas Indonesia dalam bentuk video animasi sebagai media pembelajaran tercapai.

 

Kata kunci: Augmented Reality, Marker-Based, Video Animasi, Uang Kertas, Visualisasi, Media Pembelajaran


Full Text: PDF