PRPM-ITI, Technopex 2022

Font Size: 
Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android
Melani Indriasari, Adadua Karunia Putera

Last modified: 2023-01-06

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada perancangan dan pembangunan aplikasi edukasi pengenalan budaya
Indonesia dengan tujuan untuk membantu menambah wawasan tentang budaya bangsa akibat dampak
dari globalisasi. Aplikasi dibangun pada sistem operasi android yang merupakan sistem operasi paling
banyak digunakan di Indonesia. Fitur utama pada aplikasi ini adalah penggunaan teknologi augmented
reality sebagai media informasi budaya. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode
waterfall SDLC yang terdiri atas fase pengumpulan, desain, implementasi, pengujian, penyebaran dan
perawatan. Hasil penelitian ini berupa sebuah aplikasi edukasi pengenalan budaya Indonesia berbasis
android menggunakan teknologi augmented reality sebagai media informasi budaya. Diharapkan hasil
penelitian ini dapat memberikan dampak positif dalam menambah wawasan tentang budaya Indonesia.

Keywords


Teknologi Android, Teknologi Augmented Reality

Full Text: PDF